Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana


Kumpulan Surat - Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana | Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Tanpa Jaminan | Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang dengan Jaminan. Informasi buat anda semua yang sedang mencari-cari artikel tentang Cara Membuat Surat Perjanjian Hutang Piutang. yang namanya masalah uang terkadang bisa menyebabkan perselisihan atau kesalahpahaman. apalagi jumlah uang yang dipermasalahkan tidak sedikit bisa-bisa jalur hukumlah yang akan menyelesaikannya. sama halnya seperti hutang piutang kasus ini tentunya harus jelas, sebelum melakukan transaksi hutang piutang pastikan perjanjian dan kesepakatan antar kedua pihak sudah disetujui serta disanggupi keduanya. 



Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Resmi - tak hanya bukti tertulis, kesadaran serta kepercayaan antar keduanya juga harus dijaga. pasalnya dengan adanya surat ini kita akan terikat kontrak perjanjian satu sama lain, biasanya para peminjam akan memberikan jaminan berupa barang berharga yang mana bila tidak sanggup melunasinya akan berpindah tangan kepemilikannya. 

Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana
Via : bcsea.org

Nah, untuk membuat surat perjanjian tersebut sangatlah mudah berikut akan admin berikan langsung informasi tentang Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana :

SURAT PERJANJIAN UTANG PIUTANG

Pada hari ini Sabtu Tanggal Tiga Belas Agustus Tahun Dua Ribu Lima Belas, kami yang bertanda tangan di bawah ini setuju mengadakan Perjanjian Utang Piutang yaitu:

1.   
Nama        :  Nanda Khoerudin   
Umur        :  21 Tahun
Pekerjaan  :  Karyawan Swasta
Alamat      :  Jl. Palapa 10 Gg Cengkeh
Untuk selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

2.   
Nama        :  Bayu Depnanto
Umur        :  23 Tahun
Pekerjaan :  Karyawan Pabrik
Alamat     :  Jl. Zainal Abidin
Untuk selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Maka melalui surat perjanjian ini disetujui oleh Kedua Belah Pihak ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum di bawah ini:
  1. PIHAK PERTAMA telah menerima uang tunai sebesar Rp.500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah) dari PIHAK KEDUA yang dimana uang tunai tersebut adalah hutang atau pinjaman.
  2. PIHAK PERTAMA bersedia memberikan barang jaminan yakni …………., yang nilainya dianggap sama dengan uang pinjaman kepada PIHAK KEDUA.
  3. PIHAK PERTAMA berjanji akan melunasi uang pinjaman KEPADA PIHAK KEDUA dengan tenggang waktu selama 6 (Enam) bulan terhitung dari ditandatanganinya Surat Perjanjian ini.
  4. Apabila nantinya dikemudian hari ternyata PIHAK PERTAMA tidak dapat membayar hutang tersebut, maka PIHAK KEDUA memiliki hak penuh atas barang jaminan baik untuk dimiliki pribadi maupun untuk dijual kepada orang lain.
  5. Surat Perjanjian ini dibuat dalam 2 (Dua) Rangkap bermaterai cukup dan masing-masing rangkap mempunyai kekuatan hukum yang sama, masing-masing untukPIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.
  6. Surat Perjanjian dibuat dan ditandatangani oleh Kedua Belah Pihak secara sadar dan tanpa tekanan dari Pihak manapun di Jakarta pada hari, tanggal dan bulan seperti tersebut di atas.

Demikianlah surat perjanjian utang-piutang ini dibuat bersama di depan saksi-saksi, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan untuk dijadikan sebagai pegangan hukum bagi masing-masing pihak.

PIHAK PERTAMA,
Nanda Khoerudin 
   
PIHAK KEDUA,
Bayu Depnanto

Saksi-saksi :
NAMA                   TANDA TANGAN
Agung Kurniawan .  .......................
Filipus Ayub W        .......................
Ganang Aristia        .......................
Anwaruddin             .......................

Itulah informasi terbaru seputar Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana, semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat kalian semuanya. jadikan contoh surat perjanjian hutang piutang resmi tersebut sebagai inspirasi untuk membuat surat yang baik dan benar.


Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Natasha Amelia